Alat Baru untuk yang Takut Pingsan

Rumah Sakit St Mary di London, Inggris, menjadi rumah sakit pertama di dunia yang menanam alat pacu jan­tung baru, Biotronik Cylos 990, ke tubuh pasiennya. Biotronik Cylos 990 mampu mendeteksi perubahan halus atau sangat awal dalam irama detak jantung yang biasa mendahului kejadi­an pingsan.

Pingsan memang sering diakibatkan oleh penyakit jantung dan saraf. Gejala awalnya tidak terlihat, yakni detak jantung yang me­lemah atau menurun secara drastis. Nah, alat bantu pacu jan­tung konvensional bekerja dengan mendeteksi penurunan detak jantung ini lalu membantu jantung berdetak lebih cepat.

Masalahnya, satu dari setiap 20 orang penderita berusia di atas 40 tahun tidak mengalami pelemahan detak jantung sebe­lum pingsan. Pacemaker biasa tidak bisa membaniu mereka.

Biotronik Cylos 990 dibuat sebagai sebuah terobosan kare­na tidak lagi mendeteksi pelemahan detak jantung. Biotronik Cylos 990 memonitor satu kamar di jantung, yakni serambi ka­nan, tempat darah masuk kembali ke jantung seteiah beredar ke seluruh tubuh. Alat ini memonitor apakah serambi kanan mendadak menyempit.

Ketika terjadi penyempitan itu, Biotronik Cylos 990 akan me­nyampaikan isyarat darurat berupa sinyal ke dokter dan rumah sang pasien. Selain itu, secara otomatis pula ia akan mengirim surat elektronik dan pesan pendek ke orang-orang terdekat pa­sien lengkap dengan pemberitahuan lokasi pasien. Tidak lupa, alat itu merekam data kondisi jantung pasien hingga 24 jam terakhir untuk kebutuhan dokter.

Biotronik Cylos 990 sangat membantu terutama rnereka yang berulang kali jatuh pingsan. Helen Swain, 32 tahun, mi­salnya. Warga Braintree, Essex, Inggris, itu selama ini tidak pernah pergi jauh dari rumahnya.

Alasannya sederhana: ia takut pingsan di tengah jalan. Ba­nyak pemicu yang bisa membuatnya pingsan sejak kecil, di an­taranya kelelahan, stres, atau terkejut. Kalau sudah begitu, biasanya ia akan merasa tidak enak dan beberapa rnenit ke­mudian pingsan.

Semula dokter menyangka Swain alergi, dan epilepsi penye­babnya. Tapi diketahui jantung yang membuatnya s?ring pingsan. Profesor Richard Sutton, ahli jantung di Rumah Sakit St Ma­ry, menyatakan Biotronik Cylos 990 adalah terobosan baru ba­gi upaya menolong dan menyelamatkan nyawa pasien. “Ini sa­ngat membantu pasien untuk menjalani kehidupannya sehari­hari tanpa harus takut pingsan dan tidak mendapat pertolong­an,”katanya

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s