Tikus Sebesar Banteng

Fosil tengkorak besar dari jenis hewan penge­rat yang ditemukan tiga tahun lalu di Pantai Rio de La Plata, Uruguay Selatan, sudah rampung diidentifikasi. Institute of Physics of Montevideo mengumumkan bahwa fosil itu, empat juta tahun lalu, berwujud tikus raksasa sebesar banteng, sebe­rat 1 ton.

“Namanya Josephoartigasia monesi, sebuah spesies baru. Sepasang gigi serinya sangat besar, jauh lebih besar daripada yang dimiliki hewan jenis pengerat lainnya,” ujar Rudemar Er­nesto Blanco, peneliti dari Institute of Physics.

Blanco dan kawan-kawannya membandingkan fosil tersebut dengan jenis rodensia yang hidup saat ini di Amerika Sela­tan. Kebanyakanturunannya

saat ini memiliki bobot ku­rang dari 1 kilogram. Tapi ada dua pengecualian, yakni capybara (Hydrochoerus hydrochaeris) dan kera­bat terdekat Josephoarti­gasia, pakarana (Dinomys branickii) yang beratnya mencapai 60 kilogram.

Selama tiga tahun fosil temuan paleontolog amatir tersebut disimpan dan diteliti di Museum of Natural History, Montevi­deo. Para peneliti menduga mamalia itu menggunakan gigi se­rinya yang besar untuk memotong-motong kayu, seperti yang dilakukan berang-berang modern. Kemungkinan lain, mereka menggunakannya untuk berkelahi.

“Jika Anda adalah hewan pengerat itu dan hidup berdam­pingan dengan burung-burung karnivora penebar teror serta bangsa kucing hutan dengan kuku laksana pedang, Anda pasti akan mencari cara untuk bisa tetap hidup,” ujar Blanco. Tubuh­nya yang sangat besar itu mungkin untuk melindungi diri.

BBC

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s