Vaksin Baru Flu Burung

Sebuah vaksin baru yang dikembangkan il­muwan di Purdue University dan Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat berpeluang memberi perlin­dungan terhadap flu burung dan bentuk variannya yang terus berubah. Para ilmuwan telah mengujicobakan obat penangkal ini pada tikus.

Berbeda dengan vaksin influenza saat ini, vaksin baru ini da­pat diproduksi dengan cepat dan tahan lama. “Sehingga dapat disiapkan untuk menghadapi pandemi yang disebabkan oleh vi­rus avian influenza, H5N1, dan variannya,” kata Suresh Mittal, ahli virologi Purdue, pekan lalu.

Dalam eksperimen itu tikus yang divaksinasi kebal invasi H5N1 selama setahun, bahkan lebih. Namun, belum diketahui apakah vaksin itu punya efek sama terhadap manusia. “Kami ingin menghasilkan vaksin yang bisa disimpan lama dan memi­liki potensi memberi perlindungan selama beberapa waktu sampai kami dapat mengubah vaksin itu untuk menyesuaikan­nya dengan bentuk avian influenza terbaru,” kata Mittal.

Mittal dan timnya, termasuk Suryaprakash Sambhara, pene­liti utama CDC dalam proyek tersebut, melaporkan temuan me­reka dalam The Journal of Infectious Diseases edisi 15 April lalu. “Kami msnginginkan sebuah vaksin yang efektif selama setahun bagi manusia,” kata Mittal, profesor patobiologi kom­paratif. “Saat ini kami belum tahu berapa lama vaksin ini ber­tahan dalam tubuh manusia.”

Untuk menghasilkan vaksin baru ini, para ilmuwan menggu­nakan virus flu biasa yang bermutasi, yang disebut adenovirus, sebagai sistem pengantar untuk gen-gen penting dari dua tipe H5N1. Adenovirus tidak mampu menggandakan diri sehingga tidak dapat rnenyebabkan penyakit pada manusia.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s